CP dan ATP SD, SMP, SMA/SMK Kurikulum Ismuba Berbasis Aktivitas
Kurikulum ISMUBA: Membentuk Generasi Berkarakter Islami
Dalam Sambutannya Prof. Dr. Khozin, M.Si, Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM Jawa Timur, mengungkapkan rasa syukur atas terbitnya Kurikulum ISMUBA edisi berbasis aktivitas. Kurikulum ini merupakan hasil kerja keras Tim POKJA ISMUBA yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam berkemajuan dengan pendekatan yang lebih edukatif dan pedagogis. Kurikulum ini diharapkan menjadi ciri khas pendidikan Muhammadiyah yang mencetak lulusan dengan karakter unggul dan mampu bersaing di era global.
Tak hanya itu, Dr. M. Fazlurrahman Hadi, Lc., M.Pd.I, dalam prolognya menyoroti krisis pembelajaran yang terjadi di Indonesia, diperburuk oleh pandemi COVID-19 dan fenomena VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). Untuk mengatasinya, Kurikulum ISMUBA hadir dengan pendekatan berbasis aktivitas, integrasi nilai-nilai spiritual, sosial, intelektual, dan emosional, serta fleksibilitas struktur pembelajaran. Dengan kurikulum ini, peserta didik diajak untuk menghadapi tantangan zaman melalui pembelajaran yang bermakna dan relevan.
Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Kurikulum ISMUBA dilengkapi dengan CP (Capaian Pembelajaran) dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) sebagai panduan utama dalam proses belajar mengajar. CP memuat kompetensi yang harus dicapai peserta didik, sementara ATP memberikan alur logis dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan ini, guru diberikan kebebasan untuk berinovasi dalam mengelola pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik dan kebutuhan satuan pendidikan.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Kurikulum ISMUBA, termasuk CP dan ATP, silakan unduh dokumen lengkapnya melalui tautan berikut:
Semoga kurikulum ini dapat bermanfaat dalam menciptakan generasi Islami yang unggul dan berdaya saing!
Post a Comment
2. Komentar sensitif akan dihapus
3. Gunakan bahasa yang sopan dan saling menghargai perbedaan pendapat dan sudut pandang