Contoh Soal Pilihan Ganda Tentang Perkaderan Ortom Muhammadiyah | Kelas XII Gasal
Table of Contents
Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pilihan yang disediakan pada huruf A, B, C, D atau E!
1. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Komponen Pra-Perkaderan
(2) Komponen Perkaderan Khusus
(3) Pelatihan Kader Taruna Melati
(4) Komponen Perkaderan Pendukung
(5) Pelatihan dan Fasilitator Pendampingan
(6) Komponen Perkaderan Utama
Pernyataan di atas yang merupakan komponen dan jenjang perkaderan dalam IMM ditunjukkan pada nomor ....
A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (1), (2), (4) dan (5)
C. (1), (2), (4) dan (6)
D (2), (3), (4) dan (5)
E. (2), (3), (4) dan (6)
2. Perkaderan IMM diarahkan pada upaya transformasi ideologis dalam bentuk pembinaan dan pengembangan kader, baik dalam kerangka ideologis maupun teknis manajerial. Di bawah ini yang merupakan komponen pada perkaderan khusus IMM adalah...
A. Darul Arqam Paripurna
B. Latihan Instruktur Paripurna
C. Pelatihan Jurnalistik
D. Pelatihan Kepemimpinan
E. Pelatihan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah
3. Sistem perkaderan Nasyiah terdiri tiga jenis yaitu, perkaderan formal, non formal dan informal. Perkaderan informal adalah...
A. perkaderan yang wajib diikuti oleh semua anggota Nasyiah, berjenjang dan merupakan satu rangkaian yang utuh dari sistem Perkaderan Nasyiah
B. perkaderan yang sifatnya pilihan, yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki anggota Nasyiah untuk mengembangkan keterampilannya.
C. perkaderan yang dilaksanakan secara sistematik yang diatur, dikembangkan, dan ditetapkan oleh masing-masing bidang
D. perkaderan yang dilaksanakan dalam bentuk pendidikan, pelatihan, dan pendampingan yang diselenggarakan secara terpogram, terpadu, dan terarah.
E. perkaderan yang sifatnya untuk menunjang pengembangan dan pelaksanaan organisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tingkatan
4. Di bawah ini yang merupakan empat pilar perkaderan 'Aisyiyah adalah
A. kader berbasis keluarga, kader Ortom, kader Muhammadiyah, dan kader AUM
B. kader berbasis masyarakat, kader Ortom, kader 'Aisyiyah, dan kader pimpinan
C. kader berbasis keluarga, kader AMM, kader Amal Usaha 'Aisyiah, dan kader pimpinan
D. kader berbasis masyarakat, kader Ortom, kader IPM, dan kader pimpinan
E. kader berbasis keluarga, kader Ortom, kader pimpinan dan kader AUM
5. Jenjang ketingkatan dalam Perguruan Seni Bela Diri Tapak Suci terdiri dari 15 (lima belas) tingkat yang terbagi dalam tiga tingkatan/gugus jenjang besar yaitu...
A siswa, kader dan pelatih
B. kader, pelatih dan pendekar
C. siswa, kader dan pendekar
D. suhu, kader, dan pendekar
E. siswa, pelatih dan suhu
6. Jenis perkaderan Pemuda Muhammadiyah terdiri dari perkaderan formal dan non formal. Berikut ini yang merupakan jenis perkaderan formal dalam Pemuda Muhammadiyah kecuali....
A. pelatihan kepemimpinan
B. penataran pimpinan khusus pemimpin
C. pelatihan kader khusus dakwah
D. Patihan kewirausahaan
E. Pelatihan kader khusus politik
7. Kaderisasi 'Aisyiyah melalui jalur perkaderan formal adalah
A. perkaderan yang dilaksanakan secara terprogram di luar kegiatan pelatihan
B. perkaderan yang dilakukan melalui pelatihan-pelatihan dalam berbagai macam bentuk dan jenisnya
C. pembinaan dan pengembangan kader serta pimpinan
D. perkaderan yang dilakukan secara tidak resmi dalam interaksi kehidupan anggota, pimpinan maupun kader
E. perkaderan yang secara khusus untuk menyiapkan kader-kader melalui perkaderan pondok pesantren dan sekolah kader
8. Di bawah ini merupakan maksud dan tujuan dari Tapak Suci Putra Muhammadiyah, kecuali
A. mendidik dan membina anggota untuk menjadi kader Muhammadiyah
B. mendidik serta membina ketangkasan dan keterampilan pencak silat sebagai seni bela diri Indonesia
C. menggembirakan dan mengamalkan dakwah amar ma'ruf nahi munkar dalam usaha mempertinggi ketahanan nasional
D. memelihara kemurnian pencak silat sebagai seni bela diri Indonesia yang tidak menyimpang dari ajaran Islam sebagai budaya bangsa.
E. upaya transformasi dan penanaman nilai sejak dini untuk kepentingan kemajuan dan pengembangan persyarikatan.
9. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Penataran Pimpinan Khusus Pimpinan
(2) Pelatihan Kader Khusus Dakwah
(3) Pelatihan Tata Kelola Organisasi
(4) Diklat Khusus
(5) Pelatihan Kepemimpinan
(6) Pelatihan Pelatih
Pernyataan berikut yang termasuk jenis perkaderan formal Pemuda Muhammadiyah ditunjukkan pada nomor ....
A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (1), (2), (4) dan (5)
C. (1), (2), (5) dan (6)
D. (2), (3), (4) dan (5)
E. (2), (3), (4) dan (6)
10. Tingkat siswa dasar tiga pada jenjang ketingkatan Seni Bela Diri Tapak Suci ditandai dengan sabuk.
A. warna kuning melati 3
B. warna biru melati 3
C. warna kuning melati 4
D warna hitam melati 3
E. warna merah melati 3
1. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Komponen Pra-Perkaderan
(2) Komponen Perkaderan Khusus
(3) Pelatihan Kader Taruna Melati
(4) Komponen Perkaderan Pendukung
(5) Pelatihan dan Fasilitator Pendampingan
(6) Komponen Perkaderan Utama
Pernyataan di atas yang merupakan komponen dan jenjang perkaderan dalam IMM ditunjukkan pada nomor ....
A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (1), (2), (4) dan (5)
C. (1), (2), (4) dan (6)
D (2), (3), (4) dan (5)
E. (2), (3), (4) dan (6)
2. Perkaderan IMM diarahkan pada upaya transformasi ideologis dalam bentuk pembinaan dan pengembangan kader, baik dalam kerangka ideologis maupun teknis manajerial. Di bawah ini yang merupakan komponen pada perkaderan khusus IMM adalah...
A. Darul Arqam Paripurna
B. Latihan Instruktur Paripurna
C. Pelatihan Jurnalistik
D. Pelatihan Kepemimpinan
E. Pelatihan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah
3. Sistem perkaderan Nasyiah terdiri tiga jenis yaitu, perkaderan formal, non formal dan informal. Perkaderan informal adalah...
A. perkaderan yang wajib diikuti oleh semua anggota Nasyiah, berjenjang dan merupakan satu rangkaian yang utuh dari sistem Perkaderan Nasyiah
B. perkaderan yang sifatnya pilihan, yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki anggota Nasyiah untuk mengembangkan keterampilannya.
C. perkaderan yang dilaksanakan secara sistematik yang diatur, dikembangkan, dan ditetapkan oleh masing-masing bidang
D. perkaderan yang dilaksanakan dalam bentuk pendidikan, pelatihan, dan pendampingan yang diselenggarakan secara terpogram, terpadu, dan terarah.
E. perkaderan yang sifatnya untuk menunjang pengembangan dan pelaksanaan organisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tingkatan
4. Di bawah ini yang merupakan empat pilar perkaderan 'Aisyiyah adalah
A. kader berbasis keluarga, kader Ortom, kader Muhammadiyah, dan kader AUM
B. kader berbasis masyarakat, kader Ortom, kader 'Aisyiyah, dan kader pimpinan
C. kader berbasis keluarga, kader AMM, kader Amal Usaha 'Aisyiah, dan kader pimpinan
D. kader berbasis masyarakat, kader Ortom, kader IPM, dan kader pimpinan
E. kader berbasis keluarga, kader Ortom, kader pimpinan dan kader AUM
5. Jenjang ketingkatan dalam Perguruan Seni Bela Diri Tapak Suci terdiri dari 15 (lima belas) tingkat yang terbagi dalam tiga tingkatan/gugus jenjang besar yaitu...
A siswa, kader dan pelatih
B. kader, pelatih dan pendekar
C. siswa, kader dan pendekar
D. suhu, kader, dan pendekar
E. siswa, pelatih dan suhu
6. Jenis perkaderan Pemuda Muhammadiyah terdiri dari perkaderan formal dan non formal. Berikut ini yang merupakan jenis perkaderan formal dalam Pemuda Muhammadiyah kecuali....
A. pelatihan kepemimpinan
B. penataran pimpinan khusus pemimpin
C. pelatihan kader khusus dakwah
D. Patihan kewirausahaan
E. Pelatihan kader khusus politik
7. Kaderisasi 'Aisyiyah melalui jalur perkaderan formal adalah
A. perkaderan yang dilaksanakan secara terprogram di luar kegiatan pelatihan
B. perkaderan yang dilakukan melalui pelatihan-pelatihan dalam berbagai macam bentuk dan jenisnya
C. pembinaan dan pengembangan kader serta pimpinan
D. perkaderan yang dilakukan secara tidak resmi dalam interaksi kehidupan anggota, pimpinan maupun kader
E. perkaderan yang secara khusus untuk menyiapkan kader-kader melalui perkaderan pondok pesantren dan sekolah kader
8. Di bawah ini merupakan maksud dan tujuan dari Tapak Suci Putra Muhammadiyah, kecuali
A. mendidik dan membina anggota untuk menjadi kader Muhammadiyah
B. mendidik serta membina ketangkasan dan keterampilan pencak silat sebagai seni bela diri Indonesia
C. menggembirakan dan mengamalkan dakwah amar ma'ruf nahi munkar dalam usaha mempertinggi ketahanan nasional
D. memelihara kemurnian pencak silat sebagai seni bela diri Indonesia yang tidak menyimpang dari ajaran Islam sebagai budaya bangsa.
E. upaya transformasi dan penanaman nilai sejak dini untuk kepentingan kemajuan dan pengembangan persyarikatan.
9. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Penataran Pimpinan Khusus Pimpinan
(2) Pelatihan Kader Khusus Dakwah
(3) Pelatihan Tata Kelola Organisasi
(4) Diklat Khusus
(5) Pelatihan Kepemimpinan
(6) Pelatihan Pelatih
Pernyataan berikut yang termasuk jenis perkaderan formal Pemuda Muhammadiyah ditunjukkan pada nomor ....
A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (1), (2), (4) dan (5)
C. (1), (2), (5) dan (6)
D. (2), (3), (4) dan (5)
E. (2), (3), (4) dan (6)
10. Tingkat siswa dasar tiga pada jenjang ketingkatan Seni Bela Diri Tapak Suci ditandai dengan sabuk.
A. warna kuning melati 3
B. warna biru melati 3
C. warna kuning melati 4
D warna hitam melati 3
E. warna merah melati 3
Post a Comment
2. Komentar sensitif akan dihapus
3. Gunakan bahasa yang sopan dan saling menghargai perbedaan pendapat dan sudut pandang